Kamis, 21 Agustus 2014

How To Apply Australia Tourist Visa

Hello!
Kali ini aku mau share tentang aplikasi visa ke australia, aku pengen berbagi apa aja yang dibutuhin untuk aplikasi turis visa ke australia. Bisa dibilang visa ke australia ini susah susah gampang. Kenapa aku bisa bilang gitu, yes australian goverment doesn't care much about tourist!! They prefer to care about their citizen and how to make them prosperous :D. Aku pernah baca di mana gitu kalo Australia itu negara kedua yang paling sejahtera warga negaranya setelah Norwegia. Thats why siapa yang mau pindah ke Australia? *Ngacung*

Syarat aplikasi visa yang aku bawa :
  • Form 1419 + pas foto 4x6 / seukuran paspor, background putih dan warna, min foto 6 bulan yang lalu
  • Fotocopy KTP
  • Fotocopy Kartu Keluarga
  • Fotocopy Akta Lahir (Gak perlu translate!)
  • Fotocopy Paspor beserta cap-cap imigrasi negara yang sudah pernah dikunjungi (sekedar tips kalo paspor masih kosong, usahakan pergi dulu ke negara yang gak pake visa jadi kesannya kita sudah pernah ke negara tetangga dan pulang dengan selamat :D)
  • Fotocopy Surat Rekomendasi dari kantor / sekolah. Ini fotocopy aja jangan kasih aslinya takutnya dihilangin sama pihak imigrasi kan berabe kalo mereka minta aslinya baru dikasih hehehe. Plus Slip Gaji 1 bulan+Surat Cuti Resmi dari Kantor.
  • Print Invitation Letter dari Sponsor disini ada dua sponsorku yang pertama my future FIL sama my BF hahaha kenapa dua yaa karena my BF kan tinggal di Darwin sedangkan state yang mau aku tuju itu di QLD tempat future FIL tinggal bersama fams dan beliau dengan senang hati menjadi sponsor selama aku disana meliputi makan, tempat tinggal, dll dkk. Sedangkan my BF will support me in financial seperti help me to buy ticket hahahaha. Untuk my BF aku sertakan copy passport yang udah di legalisir sama gov Australia+slip gaji+kalender akademik karena dia guru. Kalo untuk my future FIL karena dia jaksa di Land Court QLD thats why haha he use it as header of the invitation letter. 
  • Surat dari orang tua yang menyatakan juga menjadi sponsor dan mengetahui bahwa aku berada di Australia serta menjamin bahwa aku akan balik ke Indonesia setelah liburanku selesai. Sebenernya sih ini gak perlu-perlu amat cuma untuk menyatakan ketegasan yang lebih karena rekening tabunganku jelek sangat walau aku sebenernya udah ditanggung sama sponsor gitu. Biar bikin kuat aja bahwa secara tertulis gw ditanggung oleh 3 sponsor loh embassy jadi jangan kuatir gw pasti balik walau gw bakalan datang lagi ke sono xoxoxo xD
  • Bukti kepemilikan rekening selama 3 bulan, nah karena malas ke BCA dan jarang print tabungan gitu akhirnya aku crop-crop-in mutasi bank dari internet banking hihihi selama 3 bulan dan mutasi total di internet banking. 


Tips apply visa :
  • Datang ke Kuningan City kalo kamu emang stay di Jakarta.
  • Di VSF Australia ketat banget begitu masuk disambut sama satpam dan kita akan dikasih nomor antrian terus harus turn off HP (awas dikira teroris haha...) 
  • Disana ada beberapa loket gitu usahakan datang pagi biar gak antri, kalo kalian memang lokasi di Jakarta/Bali mending apply sendiri aja :D
  • Jangan lupa untuk bawa pasport asli karena hasil fotocopy kalian akan dicocokan sama paspor yang asli.
  • Sekedar tips kalo mau pake sms bisa nambah Rp20.000,-, tapi kalo kamu socialita yang suka buka-buka email mending gak usah, karena menurut pengalaman sms sama email datangnya barengan hahaha.
  • Bawa uang pas untuk aplikasi visa itu kira-kira butuh Rp1.650.000,-, mending bawa cash aja lebih aman hehehe. Jangan sampai uangnya kurang nanti harus ke ATM dan ambil lagi nomor antrian gak lucu kan kalo antrian penuh haha. Lebih aman sebelum datang nanyain bayarnya berapa takut harganya udah berubah.
  • Gak direkomendasikan untuk beli tiket dulu sih katanya takutnya visa gak di approve
  • Pastikan dalam surat invitation letter atau jika pergi sendiri harus disertakan nanti di Ausie akan tinggal sama siapa dan dimana, jadi harus jelas banget.

Nah, aku apply visa itu sekitar tanggal 19 Februari 2014 dan Puji Tuhan banget akhirnya di approve tanggal 27 Februari 2014. This is my first visa to come to Australia dan amazing banget hahaha aku dapat multiple entries sampai 27 Februari 2017 yay!! Awal dapat email dari pihak embassy aku sampai jereng gak percaya haha kata-kata approve. Sampai aku buka file pdfnya dan sorak-sorak ahaha karena aku dapat apa yang aku mau. Soalnya sebelum aplikasi visa ini my BF datang ke embassy dan sulit katanya aku untuk dapat visa touris karena masih single dan bisa dikira gak pulang ke Indonesia lagi. Dan my BF cuma pengen yang penting visa tourist ini granted dulu selama 3 bulan untuk sementara karena bulan April aku harus ke sana untuk berkunjung ke famsnya BF. Yaps for new comer biasanya cuma di granted single entry dengan masa waktu 3 bulan aja. Makanya visaku ini Miracle kalo boleh dibilang. Kalo udah di granted bakalan dapat email gitu isinya pdf salah satunya ada notice grantednya seperti berikut ini :




Want to try to go to Australia??

Taken From https://www.etsy.com

1 komentar:

  1. wahh kerenn salam buat negeri kangguru mbak mantap euuyyy

    BalasHapus